NEWS | INFO

Trik Menjaga Dan Meningkatkan Produktivitas

Posted on 13 August, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 325 Kali | 22 Share
Trik Menjaga Dan Meningkatkan Produktivitas

Di era global saat ini tak dapat dipungkiri bahwa persaingan berkarier kian ketat. Tak pelak setiap individu pun dituntut dapat menunjukkan produktivitas tertingginya setiap saat. Bila tidak mampu, maka siap-siap saja segera tersingkir dari persaingan.

Namun tentu saja tidak mudah bagi kita untuk menjaga produktivitas. Beberapa hal dapat menyebabkan kita kehilangan produktivitas dalam bekerja. Misalnya saja karena lingkungan yang terlalu bising atau kondisi badan yang mudah lelah. Karena itu agar kita dapat menjaga produktivitas demi berada dalam jalur persaingan, ada baiknya Anda mengikuti 7 trik jitu meningkatkan produktivitas ini.

1. Kerjakan Hal yang Paling Prioritas

Bukan hal yang asing lagi bila di dunia kerja kita dituntut untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu hampir bersamaan. Namun tanpa disadari menumpuknya daftar pekerjaan tersebut dapat berakibat pada penurunan produktivitas kita. Oleh karena itu Anda perlu memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dulu.

Anda bisa memulainya dengan memberikan daftar 3 list pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu. Setelah itu diikuti oleh daftar pekerjaan lain dengan tingkat prioritas semakin rendah di bawahnya. Setelah mendapatkan 3 list pekerjaan teratas, maka tugas Anda adalah harus fokus menyelesaikannya dalam satu atau dua hari kerja.

2. Tetapkan Jadwal Kerja dan Taatlah pada Deadline yang Dibuat Sendiri

Menyelesaikan pekerjaan juga perlu perhitungan agar Anda tahu kapan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan yang ditugaskan kepada Anda. Kerja juga butuh rencana agar Anda tidak kebingungan yang justru dapat memicu hilangnya produktivitas Anda. Itulah mengapa Anda perlu memberikan jadwal kerja dan menentukan deadline untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Dengan adanya jadwal kerja, maka Anda akan lebih teratur dalam mengerjakan segalanya. Dan dengan adanya deadline, maka Anda bisa lebih termotivasi untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien.

3. Jauhkan Gawai Saat Anda Bekerja

Gawai saat ini dapat membuat candu siapa pun penggunanya. Kegandrungan media sosial menjadi hal yang kerap mendorong kita untuk mengambil smartphone dan membukanya sebentar. Alih-alih berniat sekedar melihat media sosial untuk menyegarkan kepala, namun kita justru keasyikan sampai-sampai banyak membuang waktu. Padahal seandainya waktu tersebut dapat kita gunakan dengan sebaik-baiknya maka pekerjaan kita sudah pasti tinggal beberapa persen menuju penyelesaian. Karena itu mulai sekarang jauhkan smartphone atau jangan buka media sosial apa pun di komputer saat Anda berusaha menyelesaikan pekerjaan.

4. Delegasikan Pekerjaan yang Dirasa Tidak Begitu Penting

Hal ini berlaku bila Anda bekerja dalam sebuah tim dan Anda adalah seorang leader. Dan bukan hal aneh lagi bila saat ini Anda selain diberikan target pekerjaan yang harus diselesaikan sebagai sebuah tim, Anda pun diberikan target pekerjaan secara individu. Hal inilah yang kadang kala membuat produktivitas Anda terganggu. Karena itu perlu bagi Anda untuk mendelegasikan pekerjaan Anda yang dirasa kurang begitu penting kepada bawahan atau teman satu tim Anda. Hal tersebut akan lebih efisien dan efektif karena Anda hanya perlu mengerjakan hal penting yang benar-benar membutuhkan keahlian Anda.

5. Jangan Mengandalkan Waktu Lembur

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa memanfaatkan waktu lembur yang diberikan perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk adalah hal baik. Padahal nyatanya tidak. Karena dengan mengambil waktu lembur itu berarti Anda sudah harus membuang energi lebih dalam sehari untuk bekerja. Hal itu jelas dapat merusak produktivitas Anda di masa mendatang. Kemungkinannya saat tugas Anda selesai maka energi Anda sudah terlanjur habis untuk memikirkan inovasi baru atau terobosan lain yang semestinya dapat meningkatkan produktivitas Anda. Karena itu gunakanlah waktu normal kerja yang diberikan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

6. Siapkan Hadiah Terbaik untuk Diri Anda Sendiri

Mendapatkan apresiasi dari perusahaan atas jerih payah dan prestasi yang telah kita buat untuk perusahaan sudah menjadi hal wajar. Namun tidak ada salahnya bila Anda sudah lebih dulu menentukan hadiah terbaik apa yang Anda berikan bagi diri Anda sendiri saat pekerjaan Anda dapat selesai dengan baik nantinya. Misalnya Anda sudah akan berencana pergi berlibur atau belanja sepuasnya nanti. Tentunya hal itu lebih dapat memotivasi Anda untuk tetap produktif. Apalagi kadang kala apresiasi dari perusahaan atas apa yang sudah kita berikan lebih lambat datangnya.

7. Jagalah Kesehatan Tubuh

Ada satu hal yang kerap dilupakan oleh kita soal menjaga produktivitas, yakni kesehatan dan kebugaran tubuh. Kita terlalu sering menganggap bahwa produktivitas itu hanya berhubungan dengan pekerjaan dan isi kepala. Padahal nyatanya kondisi tubuh yang sehat juga memberikan peranan penting bagi kita dalam menjaga produktivitas. Coba saja bandingkan bagaimana hasil kerja teman Anda yang memiliki tubuh sehat dengan yang rentan sakit. Pasti teman Anda yang memiliki tubuh sehat dapat memberikan hasil kerja terbaiknya dibandingkan yang rentan sakit.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami