NEWS | INFO

Tips Sebelum Membangun Website untuk Bisnis Online

Posted on 05 October, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 133 Kali | 0 Share
Tips Sebelum Membangun Website untuk Bisnis Online

Semakin banyaknya orang yang mengakses internet, membuatnya menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat pesat. Bayangkan saja, di Indonesia pengguna internet sudah mencapai 132 juta, sedangkan secara global jumlah pemakai internet telah mencapai 3,5 miliar orang. Karena itu, tidak heran jika banyak pebisnis yang mulai melirik internet untuk memasarkan bisnisnya. Salah satu sarana yang cukup efektif untuk mengembangkan bisnis adalah lewat website. Nah, berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun website untuk mengembangkan bisnis online.

  1. Daftarkan Nama Domain

Langkah awal untuk membangun website bisnis online adalah mendaftarkan nama domain bisnis Anda. Hal ini bermanfaat untuk membantu mendorong visibilitas bisnis Anda di web. Menggunakan nama domain Anda sendiri memiliki beberapa keuntungan. Yang pertama adalah membantu dalam proses branding bisnis Anda. Kedua, nama domain tersebut akan menjadi alamat website Anda selamanya, meskipun jika dikemudian hari Anda memilih untuk mengganti penyelenggara website. Ketiga, dengan adanya nama domain, akan memungkinkan Anda terlihat lebih profesional karena memiliki branded email melalui nama domain.

domain-website

  1. Tentukan Tujuan Membangun Website

Selanjutnya, setelah Anda memilih nama domain, Anda harus menentukan tujuan web tersebut, Apakah Anda akan menggunakan situs web tersebut untuk mempromosikan perusahaan, mengiklankan bisnis offline, menjadi alat pemasaran, atau bahkan menjadi situs toko eCommerce yang akan menjadi tempat jual beli produk atau jasa Anda.

tujuan-website

  1. Berselancarlah ke Berbagai Web Lain

Jika Anda sudah mendaftarkan nama domain dan menentukan tujuan, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan dari situs web lain. Hal ini bisa menjadi bahan masukan bagi Anda dalam membangun situs web untuk mengembangkan bisnis online. Anda dapat mengaplikasikan kelebihan web lain, dan memperbaiki kekurangannya pada situs web Anda. Lakukan web surfing atau peselancaran web yang sejenis dengan website yang ingin Anda bangun.

  1. Desain Web Anda Semenarik Mungkin

Salah satu hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah tampilan dan desain web. Secara visual, sebuah situs web sebaiknya didesain agar terlihat menarik dan profesional. Berikut ini adalah beberapa panduan mendesain web yang dapat Anda lakukan.

  • Jangan gunakan terlalu banyak warna agar pengunjung tidak teralihkan dari konten tertulis yang ada. Gunakan skema warna yang terdiri dari 2 atau 3 warna primer saja.

  • Sediakan ruang putih yang cukup. Hal ini akan membuat pengunjung fokus terhadap konten pesan Anda.

  • Tingkatkan daya tarik visual dengan penambahan grafik, gambar, atau fotografi yang berkualitas.

  • Cek kembali situs web Anda secara teliti sebelum dipublish. Pastikan tidak ada kesalahan dalam teks, gambar, warna, serta susunan halaman. Kesalahan sekecil apapun yang terulang, akam membuat pengunjung menganggap bawha bisnis Anda amatir.

  • Sediakan sarana komunikasi serta format tanggapan yang interaktif, yang memudahkan pengunjung Anda dalam berinteraksi dengan Anda atau admin.

  • Promosikan situs web Anda agar semakin banyak yang mengunjungi. Anda juga bisa mendaftarkan nama domain Anda pada mesin pencarian online.

  • Perbarui serta perbaiki konten yang ada pada situs web Anda secara berkala. Jangan biarkan website Anda berisi informasi yang hanya itu-itu saja selama berbulan-bulan.

update-konten

Demikianlah beberapa beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun website untuk mengembangkan bisnis online. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda bisa menyewa jasa pembuatan situs web profesional yang saat ini sudah semakin mudah dijumpai.

Semoga sukses.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami