NEWS | INFO

Tips dan Trik Jual - Beli Online

Posted on 05 June, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 379 Kali | 17 Share
Tips dan Trik Jual - Beli Online

Istilah online seakan sudah melekat dalam jati diri masyarakat dunia. Internet bukan lagi sesuatu yang mewah karena akses terhadap "dunia lain" di luar sana menjadi sangat mudah, sehingga kebutuhan yang bisa dicapai di dalamnya juga sangat beragam. Salah satu perkembangan internet yang sangat dimaksimalkan potensinya bisa kita lihat dari segi bisnis, dan contoh kecilnya adalah jual-beli online, di mana perkembangan sistem jual-beli online tersebut pun sudah sangat pesat terjadi di Indonesia secara khusus.

Dalam waktu yang relatif singkat, perkembangan jual-beli online di Indonesia sudah sangat pesat. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya berbagai macam toko online di Indonesia. Memang harus diakui bahwa pada tahap awal berkembangnya jual-beli online di Indonesia, kerap terjadi berbagai penipuan seperti tidak sampainya barang ke tempat tujuan pemesanan meski biaya produk yang dibeli sudah digelontorkan.

ini dia 6 ancaman saat jual - beli online :

  1. Carding

    Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet

  2. Pishing

    Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya.

  3. Defacing

    Defacing adalah kegiatan mengubah tampilan/ halaman suatu website milik orang lain. Dan defacer adalah sebutan untuk para pelakunya. 
  4. Malware

    Malware merupakan alat yang paling sering dimanfaatkan kriminal di seluruh dunia untuk mendapatkan akses pada sistem dan data rahasia. Dalam bisnis online, modus operandi ini kerap disusupkan ke laman situs e-commerce untuk mencuri data para pelanggan.

  5. Serangan botnet

    Botnet merupakan kegiatan menyusupkan program-program tertentu kepada server-server komputer dimana  program-program tersebut biasanya disusupkan sebagai  Worms, Trojan horse, atau Backdoors. Tujuannya untuk mengganggu ataupun merusak suatu jaringan atau sistem operasi komputer (kejahatan) yang berpotensi melumpuhkan jaringan internet secara luas.

  6. Ancaman Orang Dalam

    Ancaman di dalam perusahaan sendiri juga banyak terjadi. Akses masuk ke dalam situs perusahaan yang tidak begitu aman memudahkan penjahat mengakses berbagai data rahasia perusahaan melalui akun karyawan.

Bagaimana cara agar terhindar dari ancaman tersebut? Inilah 9 cara aman melakukan jual-beli online:

  1. Pastikan web itu aman

     Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Selengkapnya -> klik disini

  2. Periksa kebijakan web terhadap data pribadi anda

    Ingat! Kebijakan web sangat penting untuk anda perhatikan. Jangan sampai pengelola situs web membocoorkan data pribadi anda

  3. Cari tahu profil website tempat berbelanja anda

    Lakukan riset terhadap situs web tempat berbelanja anda. Cari ulasan dari konsumen mereka. Untuk mengetahui baik atau tidaknya situs web tersebut.

  4. Baca deskripsi produk dengan sangat baik

  5. Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah

  6. PC anda harus aman

    Minimal PC anda harus punya antivirus

  7. Periksa harga total

  8. Pertimbangkan cara pembayaran

    Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Tapi, karena banyaknya pencurian kartu kredit, sebaiknya manfaatkan pembayaran menggunakan PayPal,transfer kirim atau COD

  9. Simpan bukti transaksi

Manfaat melakukan jual - beli online

Melalui aktivitas jual-beli online, anda bisa menjual produk atau pun membelinya melalui komputer yang tersambung dengan internet di rumah anda. Anda juga bisa menghemat biaya sewa tempat dan pajak ketika membuka toko fisik untuk menjual produk Anda. Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga serta "ongkos" jika Anda belanja ke pusat perbelanjaan.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami