NEWS | MARKETING

Tentukan Platform Media Sosial yang Tepat untuk Brand Anda

Posted on 02 November, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 1664 Kali | 0 Share
Tentukan Platform Media Sosial yang Tepat untuk Brand Anda

Seperti yang kita tahu,media sosial telah menjadi sebuah wadah informasi yang terus berkembang dan semakin popular khususnya dalam dunia marketing. Salah satu contoh dampak positif media sosial adalah untuk membangun sebuah branding. Untuk bisnis kecil yang baru terjun ke dalam media social,pasti akan terasa membingungkan mana platform dan strategi yang tepat untuk dipakai.

Ada beberapa platform media sosial yang bisa anda pilih, seperti Facebook,Twitter dan Instagram. Setiap platform memiliki audiens yang berbeda sehingga anda harus menyiapkan konsep dan strategi yang berbeda pula. Yang terpenting dari media sosial marketing ini adalah anda dapat mengumpulkan fanbase atau followers dari akun bisnis yang telah anda buat,serta berinteraksi langsung dengan pelanggan anda. Jadi pilihlah satu dari beberapa platform media sosial yang akan fokus anda gunakan.

Berikut ini semua hal yang anda perlu ketahui tentang penggunaan media sosial untuk menciptakan branding produk anda.

  1. Tentukan arah tujuan anda mengikuti Media Sosial

Setiap platform media sosial memiliki cara mereka sendiri untuk menunjukan bagaimana user / penggunanya ikut terlibat dalam aktivitas di media sosial. Bisa dikatakan setiap platform media sosial memiliki cara yang berbeda – beda dalam melibatkan audiens mereka. Tentukan fokus utama anda terlibat dalam media sosial,apakah fokus anda untuk mengumpulkan fansbase atau meningkatkan penjualan. Atau membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan anda. Setiap brand harus punya tujuan yang jelas agar dapat menentukan arah aktivitas di media sosial agar dapat menunjang bisnis anda.

audien,fansbase,follower

  1. Pilih platform yang tepat untuk brand produk atau jasa anda

Ada banyak platform yang bisa anda pilih. seperti Facebook,Instagram atau Twitter. Anda cukup fokus kan 1 platform yang mendukung tujuan anda dan memberikan pengaruh yang hebat pada konsumen anda. Anda juga bisa memilih berdasarkan minat dan usia terget pasar anda. Dan yang terpenting adalah platform mana yang paling cocok dengan tujuan brand  yang anda bangun.

platform-media-sosial

  1. Konsistensi pada platform yang anda gunakan.

Walaupun cara penyampaian produk atau jasa yang anda tawarkan, anda juga perlu menjaga konsistensi tema dan konten pada setiap platform yang anda fokuskan. Konsistensi ini membuat brand anda menjadi mudah dikenang dan diingat.

  1. Hadirkan konten yang bermanfaat dan pantas untuk dishare

Konten menarik dan memiliki makna sudah pati bisa meningkatkan reputasi brand. Dibanding dengan berita palsu atau hoak,yang jelas tak berisi manfaat. Yang harus diperhatikan dalam membuat konten media sosial ,seperti setiap konten yang dibagikan harus mencerminkan image dari brand yang anda bangun. Lengkapi konten anda dengan gambar karena akan lebih disukai oleh pembaca.

share-konten

  1. Media relasi dengan pelanggan anda

Manfaatkan akun media sosial anda untuk menjalin relasi dengan pelanggan anda di sana. Dengar dan respon semua yang disampaikan oleh pelanggan anda,baik feedback yang positif maupun negatif. Akun media sosial anda dapat menampung  berbagai macam keluhan dan saran dari pelanggan anda. Selain itu akun media sosial anda dapat juga untuk menampung ide atau gagasan untuk membantu anda mengembangkan produk anda. Tunjukan bahwa anda sangat menghargai setiap tanggapan pelanggan anda.

relasi-dengan-pelanggan

  1. Coba libatkan influencer dalam upaya branding anda.

Influencer cocok digunakan untuk usaha yang baru terjun ke dalam media sosial,adanya influencer membawa nama brand anda cepat dikenal. Dalam berbisnis di media sosial,mungkin anda akan kesulitan untuk berkembang sendiri. Jadi luangkan sedikit waktu anda untuk mencari influencer secara online memiliki target pasar yang luas dan tentunya juga cocok dengan brand anda. Setiap fluencer mempunyai audiens,jadi sesuaikan saja dengan image brand anda sendiri.

influencer-marketing

Kami berharap tips - tips yang diatas dapat membantu usaha anda dalam memasuki dunia media sosial dengan lebih baik dan tertarget. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

 

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami