NEWS | INFO

Pengertian VPN, Manfaat serta Fungsinya

Posted on 03 June, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 387 Kali | 0 Share
Pengertian VPN, Manfaat serta Fungsinya

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari "Virtual Private Network”, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet. Disebut Private Network karena VPN sifatnya privat maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet.

Mengenal fungsi VPN

  1. Kerahasiaan (Confidentially)

    Data yang ditransmisikan hanya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja. Karena VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian data.

  2. Keutuhan data (Data Integrity).

    VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data. Sehingga data saat di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  3. Autentikasi sumber (Origin Authentication).

    VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya. VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil

Manfaat yang didapatkan dari penggunaan VPN

  1. Remote AccessDengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

  2. KeamananDengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet.

  3. Dapat menghemat biaya setup jaringanKarena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Bagaimana VPN bekerja?

Ketika anda terhubung ke internet, sebetulnya sebelum dapat mengakses suatu website, anda akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider), barulah anda dapat terhubung dengan website yang dikehendaki. Semua lalu lintas data permintaan untuk website tersebut akan melewati server ISP terlebih dahulu, dan juga bisa terlihat dari pihak ISP. Ketika menggunakan VPN untuk mengakses internet, maka VPN bekerja untuk mengenkripsi data, sehingga hanya pengguna dan server VPN yang mampu mengetahui lalu lintas data pengguna dan website apa saja yang diaksesnya.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami