NEWS | INFO

Membangun Networking atau Jaringan Akan Sangat Membantu Kemajuan Bisnis Anda

Posted on 08 August, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 265 Kali | 0 Share
Membangun Networking atau Jaringan Akan Sangat Membantu Kemajuan Bisnis Anda

Networking atau jaringan merupakan hal penting yang mesti dimiliki, baik bagi seorang pengusaha, sales, maupun marketer. Sebab dengan memiliki banyak networking, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk berkolaborasi demi kemajuan bisnis bersama, dapat menemukan peluang baru, mendapatkan info terkini terkait iklim bisnis, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan. Intinya, memiliki banyak networking akan sangat membantu kemajuan bisnis Anda.

Namun, kenyataannya untuk bisa membangun networking di lapangan tidak semudah di bayangan. Ada saja pebisnis maupun marketer yang mengalami kesulitan saat akan membangun networking. Bahkan, tak jarang juga yang bingung harus memulainya dari mana.

Sebab itu, agar Anda lebih mudah membangun networking yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis, maka Anda bisa melakukan 5 cara ini.

1. Membuat Daftar

Hal sederhana pertama sebagai langkah awal membangun networking yaitu dengan membuat daftar. Tapi, bukan daftar sembarangan yang Anda buat di sini, melainkan Anda perlu menulis daftar orang-orang top di bidangnya yang ingin Anda kenal. Membuat daftar sangat penting karena dengan begitu Anda tahu siapa saja dan ke mana Anda harus mengejar.

2. Masuk Komunitas

Ini menjadi langkah kedua yang perlu Anda lakukan. Untuk bisa memiliki networking yang tepat, Anda perlu masuk ke wadah yang sudah menyediakan apa yang Anda cari tersebut. Dengan masuk komunitas, maka Anda akan lebih mudah menjangkau dan berkenalan dengan networking yang Anda butuhkan.

Anda juga bisa memulainya dengan ikut bergabung ke salah satu komunitas yang dinaungi oleh orang top dalam daftar Anda.

3. Rajin Ikut Forum dan Seminar

Mengikuti forum dan seminar bukan hanya berguna untuk menambah pengetahuan Anda pada hal tertentu, tapi juga bermanfaat untuk menambah networking. Tentu dalam sebuah forum dan seminar Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama dengan Anda.

Jadi jangan sia-siakan forum dan seminar hanya untuk datang dan pergi tanpa berkenalan dengan sesama peserta. Beranikan diri Anda untuk berkenalan, kemudian saling bertukar kartu nama.

4. Menjalin Relasi Dengan Sesama Profesi

Menjalin relasi tak mesti hanya kepada orang-orang di komunitas atau forum tertentu, tetapi Anda juga perlu menjalin relasi dengan mereka yang profesinya sama. Bila Anda pebisnis, maka jalin relasi dengan pebisnis. Pun bila Anda marketer, maka jalinlah relasi dengan sesama marketer.

Jangan berpikir bahwa sesama pebisnis atau sesama marketer berarti kompetitor. Justru menjalin relasi dengan mereka yang satu profesi sangat dibutuhkan, karena Anda bisa saling bertukar pikiran dan dapat saling membantu memecahkan masalah yang dihadapi bersama. Misal, soal menurunnya daya beli atau iklim bisnis yang belum stabil, Anda bisa saling bertukar pikiran untuk mencari solusi.

5. Manfaatkan Media Sosial

Beruntunglah bagi Anda yang hidup di zaman digital ini. Sebab Anda bisa menjangkau orang yang berbeda negara sekalipun dengan memanfaatkan media sosial. Tak ada lagi batasan ruang di media sosial. Karena itu manfaatkan media sosial untuk membangun networking.

Ada beberapa media sosial yang cocok bagi Anda untuk mecari networking yang sesuai. LinkedIn bisa menjadi alternatif media sosial yang bisa digunakan. Sebab LinkedIn memang diperuntukkan sebagai media sosialnya para profesional.

Tapi, perlu diingat bahwa Anda tak bisa menyapa sembarangan agar bisa mendapatkan respon di media sosial. Ada baiknya Anda lebih dulu menyapa dengan memperkenalkan siapa diri Anda, lalu menyebutkan alasan kenapa Anda ingin menjalin pertemanan dengan orang tersebut di media sosial.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan respon dan dapat saling berinteraksi.

Itulah 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk mulai membangun networking untuk kemajuan bisnis Anda. Ingatlah bahwa memiliki networking merupakan salah satu syarat sebuah bisnis bisa berkembang dan maju.

Contoh sederhananya, Tokopedia tak akan mungkin bisa sebesar saat ini bila tak menjalin kerja sama dengan network yang dimiliki saat ini, seperti penjual, penyedia jasa ekspedisi, perbankan, maupun dengan para merchant dan investor

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami