NEWS | INFO

Manfaatkan Video VR untuk Promosi Bisnis Pariwisata Anda!

Posted on 06 July, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 1071 Kali | 0 Share
Manfaatkan Video VR untuk Promosi Bisnis Pariwisata Anda!

Pernahkah sobat melihat video, misalnya di youtube. Ada seseorang yang sedang bermain game dengan memakai sebuah kacamata, dan orang tersebut bergerak seolah-olah sedang mengendalikan gamenya. Orang tersebut, sedang memakai perangkat, yang namanya Virtual Reality (VR)

Bagi kalian yang masih awam dengan istilah VR atau Virtual Reality, maka ini adalah teknologi visual yang bertujuan untuk membuat penggunanya seolah-olah sedang mengalami sebuah pengalaman yang nyata. Sebagai contoh sebuah tur virtual di mana kamu dapat mengunjungi sebuah museum, melihat setiap benda yang dipamerkan, melihat langit-langit yang megah, sampai memperhatikan detail lantai hanya dengan menggerakkan kepala.

Bukti penerapan VR di bidang bisnis :

Kegunaan dan manfaat dari VR adalah untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satu toko yang telah menerapkan cara ini adalah toko Selfridges di jalan Oxford, London. Dengan VR yang dimilikinya, pengunjung yang datang bisa mencoba beberapa produk yang dijual oleh toko dengan lebih nyata.

Seperti produk jam tangan virtual 3D yang bisa dicoba dengan berdiri di depan layar. Saat itu kamera akan merekam penampilan dan gerakan calon pembeli. Calon pembeli pun bisa memilih dan mencoba dan merasakan sensasi menggunakan jam tangan virtual yang dijual.

Cara kerja Virtual Reality :

Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Buatlah video VR tentang tour anda :

  • Langkah - langkah membuat video VR

    - Tentukan terlebih dahulu objek yang akan diambil

    Dalam pengambilan video 3D diusahakan di tempat – tempat yang luas dan mempunyai sudut pandang yang pas agar hasilnya juga maksimal, bisa dilapanagn, pesawahan, pegunungan dan yang lainnya serta videonya dibuat secara time-lapse.

    Cari dan pilih aplikasi edit video yang tepat

  • Kalian buat video menggunakan smartphone dan gunakan alat tambahan time lapse agar bisa berputar. Untuk aplikasi yang digunakan bisa kalian cari dan download di play store, misalnya iMovie atau Quicktime.

  • Setelah selesai kalian expor video tersebut ke aplikasi edit video yang tadi kami sebutin diatas.

  • Untuk pengguna android kami sarankan untuk menggunakan Lapse It agar jumlah frame yang di dapat bisa di atur terlebih dahulu.

    Kalian tentukan sendiri interval videonya

    Sebelumnya kalian harus tahu bahwa interval disini adalah berapa lama selang waktu yang dijangkau antara satu capture dengan capture selanjutnya. Ingat semakin banyak jumlah frame yang dihasilkan maka semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Kalian hanya perlu menghitung interval video dan membaginya dalam detik, maka Virtual Relity 3D sudah siap.

    - Selesai dan Upload

    Setelah semuanya selesai dilakukan, saatnya kalian upload ke media social atau youtube dan disarankan mempunyai memori yang besar karena hasil render memakan memory cukup besar pula. Bisa anda tambahkan juga pada website tour dan travel anda.

Manfaat video VR untuk bisnis anda :

  • Lebih mudah memperkenalkan objek wisata di daerah anda.
  • Membuat pengguna bisa berinteraksi pada lingkungan.

  • Pengalaman menonton video menjadi lebih terkesan berbeda dan personal.

  • Pengguna merasa seolah - olah mereka benar - benar berada dalam lingkungan tersebut.

  • Menonton video jadi lebih menyenangkan.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami