NEWS | MARKETING

Konsistensi Dalam Menjalankan Strategi Marketing

Posted on 01 November, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 69 Kali | 3 Share
Konsistensi Dalam Menjalankan Strategi Marketing

Setiap perusahaan pasti sudah memiliki konsep atau ide yang berbeda – beda dalam hal marketing. Konsep marketing adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha,baik itu usaha kecil maupun usaha yang sedang berkembang.

Semua itu membutuhkan konsep marketing untuk bisa membawa perusahaan yang dijalankan bisa terus berkembang. Untuk bisa membawa usaha anda berkembang,kita harus merencakan suatu konsep marketing yang tepat agar bisa menarik minat konsumen. Salah satu cara yang sangat tepat untuk menjalankan konsep marketing itu adalah fokus pada strategi marketing.

Dengan keterbatasan biaya pemasaran yang dimiliki usaha kecil,bukan berarti usaha kecil tidak bisa bersaing dengan usaha besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan biaya pemasaran yang minim untuk bisa menjalankan konsep marketing yang tepat.

Mulai dari bekerjasama dengan pengusaha atau rekan anda untuk pemasangan iklan. Mencoba menawarkan produk ke konsumen dan memberikan sedikit potongan harga untuk paket pembelian tertentu.

Promosikan produk dan usaha anda melalui media gratis,seperti social media anda. Tujuannya itu untuk memperkenalkan usaha anda ke masyarakat luas dan membantu konsumen mencari tentang produk yang anda tawarkan.

Selain itu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam menyusun konsep pemasaran untuk usaha kecil sebagai berikut :

  1. Konsistensi

Untuk bisa meningkatkan efektivitas branding dan mengurangi biaya marketing, perlu adanya konsistensi dalam menjalankan strategi marketing itu.

konsisten

  1. Perencanaan.

Perencanaan marketing meliputi konsep marketing,strategi marketing,anggaran marketing serta konsep lain yang masih berhubungan dengan pemasaran. Perencanaan marketing yang tepat dapat membawa usaha kecil terus berkembang.

perencanaan strategi marketing

  1. Target Pasar

Target pasar yang tepat sasaran memudahkan kita untuk menjalankan strategi marketing itu sendiri. Memilih dan mendefinisikan target pasar yang tepat terlebih dahulu akan membanntu konsumen menjangkau produk anda.

target pasar

  1. Strategi

Yang paling mendasar dari kegiatan marketing ialah strategi. Strategi adalah kelanjutan dari kegiatan marketing yang telah direncanakan misalnya saja siapa target pasar,bagaimana usaha kecil membidik konsumen,media yang dipakai memasarkan dan menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan setia.

strategi pemasaran

  1. Anggaran (biaya)

Menghitung biaya anggaran marketing merupakan bagian yang membutuhkan keakuratan dan keputusan yang tepat. Dari anggaran yang dibuat dapat disiapkan dana yang dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya kesalahan menghitung anggaran untuk pemasaran akan menjadi pemborosan.

anggaran pemasaran

  1. Marketing Mix

Marketing mix dapat diartikan sebagai elemen yang ada dalam strategi marketing itu sendiri. Marketing mix biasanya sebagai produk,harga,tempat dan promosi. Sebagai pengusaha kecil,perlu memutuskan dengan spesifik produk atau jasa yang ditawarkan,harga yang sesuai barang, bagaimana dan dimana anda akan mendistribusikan produk anda dan bagaimana orang lain mengetahui produk atau jasa yang anda tawarkan.

  1. Website

Saat ini hampir 60% konsumen datang dari pengguna internet. Informasi produk yang berada di dalam website akan sangat mendukung peningkatan jumlah konsumen yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Sekarang ini bisnis apapun termasuk bisnis kecil usahakan memiliki website.

website

  1. Branding

Branding adalah pemberian nama,istilah,logo dibuat dengan tujuan untuk membuat konsumen menerima produk dan perusahaan tersebut dan menjadikan produk anda berbeda dengan yang lainnya. Terkadang usaha kecil melupakan pentingnya branding atau pengenalan logo,nama bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.

branding produl

  1. Promosi dan Iklan

Promosi dan iklan yang tepat akan mampu meningkatkan penjualan dan membantu branding usaha kecil. Promosi dan iklan merupakan hal yang harus dipertimbangkan pada berbagai bisnis dan produk,termasuk pada usaha kecil.

promosi dan iklan

  1. Hubungan dengan pelanggan.

Hubungan yang baik dengan pelanggan menjadi salah satu hal yang penting untuk menciptakan pelanggan yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuatkan kartu merbership dan memberikan potongan harga untuk paket tertentu bagi para member.

penggan yang loyal dan konsisten

Ingat bahkan sebuah usaha bisa ”hancur” jika strategi marketing yang diterapkan kurang tepat. Yang terpenting review kembali konsep pemasaran dan strategi marketing anda,agar dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

Demikian artikel tentang konsistensi dalam menjalankan strategi marketing. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

 

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami