NEWS | INFO

Ide Bisnis Rental atau Sewa Mobil!

Posted on 10 July, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 96 Kali | 0 Share
Ide Bisnis Rental atau Sewa Mobil!

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bentuk usaha yang kini marak dijalankan banyak orang. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Namun untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini. Lalu apa saja strategi untuk membuat usaha rental mobil ini menjadi sukses? Berikut ulasannya.

  1. Tetapkan Prospek dan Target Pasar

    Strategi pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali prospek dan target. Maksudnya di sini adalah Anda harus mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak.
  2. Pilih Lokasi Usaha yang Baik

    Setelah Anda menetapkan target pasar, maka strategi berikutnya adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan demikian, maka peluang untuk mengenalkan usaha Anda dan juga mendapatkan pelanggan lebih banyak akan terbuka lebar. 

  3. Promosi dan Pemasaran

    Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak atau omset bisnis ini meningkat maka Anda perlu menjalankan promosi atau pemasaran. Mengapa harus menjalankan promosi? Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah Anda seorang. Dari sini maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda tempuh yaitu:

    - Melalui Strategi Marketing Offline

    Beberapa strategi marketing offline yang bisa Anda jalankan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, penempelan banner atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur, iklan koran, iklan majalah dan lainnya.

    - Melalui Strategi Marketing Online

    Beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan yaitu promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Path dan Instagram), promosi melalui iklan online seperti Google ads, Facebook ads, Twitter ads, atau dengan memaksimalkan Website lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization).

  4. Berinvestasilah Pada Sesuatu yang Mendukung Bisnis Anda

    Investasi yang tepat dan profesional ini bisa Anda jalankan dengan beberapa cara seperti memilih mobil yang sesuai dan banyak diminati konsumen, membuat jalinan dengan mitra bisnis untuk menyewa mobilnya serta memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil dan usaha Anda.

  5. Bangun Relasi dan Jaringan

    Untuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga banyak investor maka memang Anda harus mampu memperluas jaringan dan relasi. Semakin banyak jaringan dan relasi yang Anda miliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerjasama mengembangkan usaha. Dengan hal ini tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobil Anda.

  6. Antisipasi Tindak Kriminal Penipuan Pencurian Mobil

    Di zaman yang serba dengan aksi-aksi tidak bertanggungjawab dari sejumlah oknum, maka dalam menjalankan bisnis rental mobil ini Anda perlu ekstra waspada. Pada kenyataannya di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pelarian mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

  7. Tentukan Harga Sesuai Pasaran atau Berikan Tawaran Menarik

    Terakhir, strategi sukses untuk memulai bisnis rental mobil adalah dengan menentukan harga sesuai pasaran atau dengan memberikan diskon. Maka untuk bisa menggaet banyak konsumen, maka Anda tak boleh sembarangan menentukan harga. Lebih dari itu Anda harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku ditempat Anda. Jangan memaksakan diri untuk membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi Anda akan kehilangan konsumen.

Setiap bisnis pasti ada resikonya. Tak terkecuali bisnis sewa mobil. Nah, kali ini kami ingin membahas beberapa resiko usaha rental mobil. Nah, menjalankan usaha penyewaan kendaraan (mobil / motor) resikonya juga cukup menyeramkan. Berikut beberapa resiko usaha sewa kendaraan :

  • Pencurian mobil oleh oknum penyewa yang tidak bertanggung jawab

  • Penggunaan mobil sewa untuk digunakan untuk tindak kejahatan

  • Mobil disewa lebih lama dari perjanjian awal tanpa pemberitahuan

  • Mobil digadaikan atau dijual ke pihak lain

  • Sewa mobil tidak dibayar

  • Mobil ditinggal ditepi jalan atau tempat lain karena tidak sanggup bayar sewa

  • Mobil mengalami musibah seperti kecelakaan

  • Dll

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi dan Meminimalisir Resiko Usaha Ini?. Untuk meminimalisir risiko usaha rental mobil ini Kita bisa menerapakan beberapa cara berikut ini :

  1. Menambah alat pelacak di mobil

  2. Menyiapkan team driver yang handal

  3. Asuransi kendaraan secara maksimal

  4. Perketat syarat bagi penyewa lepas kunci

  5. Management yang rapi

  6. Teliti terhadap calon pengguna

  7. Bangun relasi dan kerjasama yang baik dengan sesama pengusaha rental

  8. Tidak ada salahnya bila anda memiliki penasehat hukum

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami