NEWS | INFO

Cara Menjadi Local Guide Google

Posted on 13 September, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 1669 Kali | 0 Share
Cara Menjadi Local Guide Google

Local Guide adalah komunitas global para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambahkan atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps. Jutaan orang mengandalkan kontribusi seperti kontribusi Anda untuk menentukan tempat tujuan dan aktivitas yang akan dilakukan.

Menjadi Local Guide

Daftar dengan akun Google Anda dan pilih lokasi Anda saat ini. Anda akan memperoleh poin untuk setiap tempat yang Anda ulas, foto, tambahkan, edit, atau berikan informasi tambahan di Google Maps. Poin ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat baru.

  • Siapa yang dapat menjadi Local Guide

    Local Guides ditawarkan di semua tempat di mana Google Maps tersedia. Pada saat ini, Google Maps tersedia di lebih dari 40 negara dan bahasa.

    Program Local Guides ditujukan bagi perorangan, bukan bisnis. Kontribusi dari bisnis atau laman bisnis tidak akan dipertimbangkan untuk level atau manfaat Local Guides.

    Anda harus berusia 18 tahun* ke atas untuk berpartisipasi di Local Guides. Untuk informasi lebih lanjut, tinjau Persyaratan dan Ketentuan Program Local Guides.

    *Catatan: mungkin perlu waktu hingga 9 minggu setelah Anda berusia 18 tahun untuk memperbarui akun Google Anda.
Kebijakan komunitas

Arti Penting Menjadi Seorang Local Guide

Sebagai salah satu kontributor penting di Google Maps, Local Guide menulis ulasan, memposting foto, dan mengumpulkan fakta-fakta yang membuat aktivitas menjelajahi dunia menjadi lebih mudah, seru, dan menyenangkan. Badge  melambangkan keahlian lapangan yang telah terbukti dan komitmen untuk berbagi pengalaman selama beraktivitas dengan menunjukkan keputusan yang diambil secara real-time di seluruh dunia. Mulai dari memotret hidangan yang wajib dicicipi hingga menambahkan bisnis kecil, Local Guide menghadirkan cerita yang membantu tetangga dekat, pelancong, dan berbagai kalangan lainnya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tempat-tempat di sekitar mereka. Komunitas Local Guide bersungguh-sungguh dalam menjalankan misinya.  

Local Guide menerima badge mereka berkat kontribusi yang selalu konsisten dan mewakili nilai-nilai tersebut. Pelajari panduan di bawah ini agar tidak dikeluarkan dari program.

Bagikan ulasan dan tips yang informatif

Berikan keterangan yang detail. Selalu sertakan informasi penting tentang sebuah tempat dan pengalaman Anda. Hindari komentar yang samar, umum, dan monoton, seperti ulasan yang hanya berisi tanggapan “lumayan”, “bagus”, atau “lezat”. Gambarkan lingkungannya, desainnya, suasananya, kelebihan dan/atau kekurangannya, serta hal-hal spesifik lainnya yang relevan.

  • Restoran, kafe, dan bar: Sebutkan menu pesanan Anda dan menu yang sangat direkomendasikan atau menu yang sebaiknya dihindari. 
  • Toko: Tuliskan pilihan yang tersedia, rentang harga, layanan, dan jenis pelanggan yang mungkin menyukainya. 

Local Guide yang menulis ulasan yang sama di seluruh lokasi akan dikeluarkan dari program.

Ambil foto yang mewakili lokasi secara jelas dan akurat

Foto membantu memaparkan kisah tentang sebuah tempat. Oleh karena itu, gambar yang diambil harus relevan dan terlihat fokus. Sebaiknya manfaatkan cahaya alami, coba bidik dari berbagai sudut sebelum mengupload foto-foto terbaik, dan pilih level zoom out secukupnya untuk menangkap subjek secara utuh, seperti foto horizontal yang menunjukkan seluruh bagian luar gedung, atau foto hidangan restoran yang diambil dari atas. Selain itu, tetap hargai privasi orang lain dan mintalah izin sebelum memotret, atau hindari memotret orang yang dapat diidentifikasi di tempat-tempat seperti sekolah atau rumah sakit.

Foto yang gelap, buram, dan repetitif akan dihapus. Pengguna yang menampilkan foto yang sama di seluruh lokasi, atau memposting gambar yang melanggar hak cipta juga akan dikeluarkan.

Dapat dipercaya

Kontribusi harus berdasarkan informasi dan pengalaman yang sesungguhnya. Sengaja memalsukan hasil edit, foto yang dicopy-paste atau dicuri, jawaban yang melenceng dari topik, bahasa yang mencemarkan nama baik, serangan kepada orang lain, dan hasil edit yang salah atau tidak perlu merupakan bentuk pelanggaran terhadap kebijakan kami. Jika Anda melihat perilaku ini, harap laporkan.

Pengguna yang menyalahgunakan kepercayaan ini akan dikeluarkan dari program Local Guide.

Poin, level, dan badge

Poin Local Guide

Dapatkan poin dengan menyumbangkan konten ke Google Maps. Anda bisa memberikan nilai untuk suatu tempat dengan rating, menjelaskan pengalaman Anda dengan review, membagikan foto dan video, menyampaikan insight dengan jawaban, menanggapi pertanyaan tentang suatu tempat, mengupdate informasi dengan pengeditan tempat, menambahkan tempat yang belum ada, atau memverifikasi informasi dengan memeriksa fakta.

Kontribusi Maps Poin yang didapat

Ulasan 10 poin per review
Review dengan lebih dari 200 karakter 10 poin bonus per review
Rating 1 poin per peringkat
Foto 5 poin per foto
Video 7 poin per video
Jawaban 1 poin per jawaban
Merespons Tanya Jawab 3 poin per respons
Edit 5 poin per edit
Penambahan tempat 15 poin per tempat yang ditambahkan
Pemeriksaan fakta 1 poin per fakta yang diperiksa

Level Local Guide

Capai level yang lebih tinggi saat Anda memperoleh poin dari kontribusi Anda.

LevelPoinBadge

Level 1 0 poin Tidak ada badge
Level 2 15 poin Tidak ada badge
Level 3 75 poin Tidak ada badge
Level 4 250 poin
Level 5 500 poin
Level 6 1.500 poin
Level 7 5.000 poin
Level 8 15.000 poin
Level 9 50.000 poin
Level 10 100.000 poin

Perhatikan bahwa update poin dan level Anda dapat memerlukan waktu hingga 24 jam. Poin tidak akan hangus, meskipun dapat berkurang jika konten dihapus karena melanggar kebijakan kami. Teruslah menjadi kontributor aktif di Google Maps agar memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat dan menjadi yang pertama mencoba fitur baru.

Persyaratan program

Terus berikan kontribusi untuk menerima semua manfaat program. Untuk beberapa manfaat, kami memberikan prioritas kepada Local Guide yang memberikan kontribusi setiap bulan secara konsisten.

  • Menemukan level Local Guide Anda
    1. Pastikan Anda memiliki Google Maps versi terbaru
    2. Sentuh menu Menu
    3. Sentuh Kontribusi Anda
    4. Level dan jumlah total poin Anda akan ditampilkan

    Perhatikan bahwa update profil Anda dapat memerlukan waktu hingga 24 jam.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami