NEWS | INFO

Cara Mempertahankan Kepercayaan Pelanggan Online!

Posted on 16 July, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 348 Kali | 0 Share
Cara Mempertahankan Kepercayaan Pelanggan Online!

Pernahkah Anda merasa ragu untuk berbelanja online? Apalagi saat mereka berada di kota yang berbeda dan jauh dari jangkauan kita. Pasti kita akan berpikir kembali ketika toko online tersebut tidak memiliki banyak rekomendasi untuk produk dan juga pelayanannya bukan?

Saya rasa begitu jugalah yang sedang dirasakan oleh beberapa pelanggan di toko online Anda. Jika sudah begini, kita memang harus berusaha keras untuk menciptakan strategi yang membuat pelanggan kita menjadi percaya dan mau berbelanja di toko online kita.

Berbagai cara untuk bisa membuat pelanggan percaya terhadap toko online kita, salah satunya yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik dan tidak ragu untuk memposting testimonial pelanggan yang sudah pernah berbelanja.

Lebih dari itu, calon pelanggan kita harus percaya dengan apa yang kita tuliskan pada website bahkan email penawaran yang kita kirimkan. Karena bisnis online lebih mengandalkan media online yang tidak bisa terlihat dan tersentuh manusia secara langsung bukan? Sehingga rasa percaya harus sudah ada bahkan ketika calon pelanggan hanya membaca tulisan kita.

Lalu apa lagi yang bisa kita lakukan? Berikut adalah hal - hal yang bisa membantu kita meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online anda.

1. Ciptakan sistem yang mudah dan jelas

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada melakukan proses belanja yang lama bahkan cenderung rumit. Saat Anda sudah memiliki sistem pembelanjaan di website, cobalah terlebih dahulu sebelum akhirnya pelanggan menggunakannya. Mulai dari proses memilih barang, melakukan order, checkout, sampai dengan konfirmasi pembayaran. Berikan kemudahan dan kejelasan untuk setiap prosesnya.

Anda bisa menambahkan 1 halaman untuk menuliskan step by step proses order sampai dengan pembayaran kepada pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa dimudahkan dan dibantu dengan adanya langkah-langkah tersebut. Mulai dari informasi sampai dengan navigasi harus jelas dan mudah digunakan. Jika tidak, jangan terkejut ketika pelanggan enggan untuk berbelanja di website Anda.

2. Produk atau jasa Anda bisa menyelesaikan masalah pelanggan dengan segera

Mereka yang datang adalah yang sedang kesulitan dan berusaha mencari solusi dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ketika mereka datang, usahakan mereka langsung bisa menemukan solusi dan memastikan untuk membeli. Bagaimana bisa?

Di halaman pertama website Anda, bisa dicantumkan banner yang berisi penjelasan awal seputar bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Pada konten inilah saatnya Anda mengolah dan menggunakan teknik copywriting untuk menjelaskan sekaligus menarik minat pelanggan untuk melihat halaman website Anda lebih banyak lagi.

Mereka yang datang tidak ingin menemukan penundaan untuk masalah mereka. Dengan penjelasan Anda yang menarik dan meyakinkan, bisa dipastikan mereka mau untuk memesan atau membeli produk atau layanan online Anda. Teknik copywriting ini bisa Anda pelajari dari buku, dari seminar seputar copywriting bahkan dari video di Youtube. Tidak mudah memang tapi tidak sulit juga untuk dipelajari.

3. Gunakan video sebagai rekomendasi terhadap calon pelanggan

Ini adalah sebuah cara yang bagus untuk memberikan pelanggan alasan agar mengenal dan mempercayai bisnis kita lebih jauh lagi.

Di dalam video kita bisa menjelaskan seputar bisnis kita, apa saja produk atau layanan yang kita tawarkan, serta bahkan video testmonial pelanggan Anda. Gunakan video sebagai rekomendasi terhadap calon pelanggan Anda.

4. Ajak pelanggan untuk melihat webinar atau teleconference

Selain video yang Anda upload di Youtube misalnya, webinar atau teleconference juga efektif untuk menciptakan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis kita. Anda bisa berbicara dengan pelanggan.

Komunikasi 2 arah ini bisa membantu Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan. Mulai dari menanyakan kabar sampai meminta saran dan kritik.

5. Optimasi email penawaran yang Anda kirimkan

Jika Anda menggunakan email sebagai salah satu media promosi dan menawarkan produk kepada calon pelanggan, maka ini saatnya Anda mengoptimasi email penawaran yang akan Anda kirimkan. Bagaimana caranya? Baca di artikel sebelumnya, Tips email marketing

6. Tampilkan testimonial pelanggan

Ini yang tidak kalah penting! Calon pelanggan Anda harus tahu seberapa bagus penilaian pelanggan terhadap produk atau layanan yang Anda berikan kepada mereka. Melalui salah satu rubik atau konten di website dan sosial media,

testimonial pelanggan bisa membuat pengunjung website Anda berubah menjadi pelanggan. Mereka yang membaca jelas akan merasa yakin dan percaya jika bisnis online Anda benar-benar rekomended.

7. Mintalah rekomendasi dari orang terdekat

Jika sudah meminta testimonial kepada pelanggan, jangan lupa untuk meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat. Seperti keluarga, teman bahkan rekan kerja sekalipun. Mintalah saran mereka dan rekomendasi kepada orang yang mereka kenal. Satu postingan di sosial media seputar bisnis Anda misalnya, akan membuat leads dan konversi Anda bertambah bukan?

8. Berikan studi kasus

Tapi ingat, jangan hanya mengandalkan testimonial pelanggan. Kenapa? Karena untuk menciptakan kampanye bisnis yang sukses, Anda perlu membuat cerita pelanggan di masa lalu menjadi studi kasus untuk calon pelanggan Anda.

Sehingga calon pelanggan Anda akan lebih percaya untuk mencari solusi yang sama misalnya kepada bisnis Anda. Anda bisa menjelaskan bagaimana bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi pelanggan yang besar dan potensial sekalipun.

9. Ciptakan produk atau jasa yang BERNILAI

Bukankah untuk mendapatkan kepercayaan, testimonial bahkan rekomendasi dari pelanggan, produk atau jasa yang Anda jual harus benar-benar BERNILAI. Anda dan pebisnis sukses lainnya pun setuju akan hal ini.

Setiap bisnis pasti akan berusaha keras untuk menciptakan sebuah produk atau layanan yang bernilai dan juga bermanfaat untuk calon pelanggan. Jika tidak, jangankan merekomendasikan, membelipun pelanggan akan kembali berpikir.

Nilai produk atau jasa yang Anda miliki juga harus dijelaskan dengan simple namun menarik dan meyakinkan tentunya. Sehingga pengunjung website Anda akan langsung penasaran dan ingin mencaritahu lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda.

10. Gunakan media offline sebagai pendukung

Ketika Anda merasa media online kurang mendukung pencapaian target bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan media offline untuk mendukung. Seperti brosur atau banner. Cara ini cukup efektif mendukung upaya Anda dalam mempromosikan bisnis online.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami