NEWS | MARKETING

5 Tips Meningkatkan Marketing Instagram

Posted on 25 October, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 171 Kali | 2 Share
5 Tips Meningkatkan Marketing Instagram

Strategi media sosial yang baik perlu peningkatan followers secara berkala, engagement, dan juga aksi (seperti klik). Dan itulah yang ditawarkan Instagram dengan cepat. Tentu saja SEO bisa menjadi salah satu bagian penting dalam strategi marketing online. Tapi, tampaknya mustahil untuk mengalahkan brand besar dengan budget yang seakan tidak terbatas untuk bisa berada di halaman pertama Google dengan cepat.

Itulah kenapa media sosial bisa menjadi sebuah sekutu kuat bagi merek yang lebih kecil dan mencoba berkembang dan mengembangkan kehadirannya di dunia online. Tidak perlu akan biaya yang terlalu besar untuk bisa efektif digunakan.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki akun Instagram bisnis tapi marketing kurang maksimal, berikut adalah tips yang bisa digunakan agar marketing semakin luas dijangkau orang.

instagram-marketing

1.    Instagram adalah Visual

Pengguna Instagram akan lebih ingin melakukan sesuatu di Instagram jika yang mereka lihat mudah dikenali. Sehingga engagement rate akan meningkat dengan mudah. Langkah yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah dengan memasang gambar yang menarik.

Dalam membuat gambar yang menarik, ada empat hal yang harus diperhatikan:

  1. Buat konten visual yang konsisten dengan gaya dan juga kualitas yang baik

  2. Memilih skema warna dan terus menggunakan aksen warna tersebut di setiap gambar yang dibuat

  3. Jika kita menggunakan filter, pastikan untuk terus menggunakannya

  4. Jangan terlalu banyak memasukkan teks dalam gambar dan caption.

instagram-visual

2.    Buat Gambar Khusus untuk Instagram

Sudah menjadi kebiasaan jika suatu perusahaan membagikan postingan yang sama untuk berbagai media sosial. Hal ini tentunya dipandang mudah dan praktis, karena biasanya gambar akan lebih mudah dibagikan, bahkan ke platform instant messaging seperti Whatsapp atau Telegram.

Tapi, jangan sampai salah memasang ukuran yang tepat untuk Instagram. Hal ini karena postingan yang baik memiliki ukuran yang sudah ditetapkan. Ukuran instastories tentu berbeda dengan ukuran postingan biasa. Kita bisa menggunakan situs desain berbasis website gratis seperti Canva untuk membuat gambar dengan ukuran yang tepat. Karena di sana telah disediakan template khusus untuk Instagram.

instagram

3.    Gunakan #Hashtag

Tidak cuma digunakan di Twitter, tapi hashtag juga sangat efektif digunakan di Instagram. Dengan menggunakan tagar yang tepat, maka postingan kita akan lebih banyak dilihat oleh orang lain. Inti dalam menggunakan tagar adalah relevan, sesuai produk, dan juga kreatif.

Tapi perlu diingat, jangan sampai kita menggunakan terlalu banyak hashtag. Karena hal ini akan merusak keindahan postingan. Maksimal gunakan lima hashtag dalam suatu postingan. Selain itu, pisahkan caption dan hashtag dengan membuat komentar baru atau dengan memberikan jarak setelah caption.

hastag-instagram

4.    Promosi dan Repost Brand Berkualitas Lain

Hal ini sangat efektif untuk dilakukan oleh bisnis kecil yang sedang berkembang. Kita bisa melakukan repost atau mempromosikan akun lain yang memiliki followers seimbang dengan kita. Dengan begitu, nantinya mereka juga akan melakukan hal yang serupa. Hasilnya, kedua brand akan mendapatkan eksposure yang lebih dari followers akun lainnya.

promosi_dan_share

5.    Manfaatkan Link di Bio

Link yang ditulis di caption Instagram tidak bisa di-klik. Karenanya, kita perlu memanfaatkan tempat yang bisa diklik, yaitu bagian Bio. Di bawah nama akun kita, kita bisa memasukkan link untuk menuju suatu website. Gunakanlah fitur tersebut untuk menyimpan alamat website yang kita miliki. Sehingga ada banyak orang yang mencoba masuk ke dalam situs kita. Maka dari itu, penting juga bagi kita memiliki website yang berisikan informasi penting tentang brand kita.

profil_instagram

 

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami