NEWS | INFO

4 Tren Marketing yang Sangat Menguntungkan Anda

Posted on 03 September, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 395 Kali | 0 Share
4 Tren Marketing yang Sangat Menguntungkan Anda

Perkembangan teknologi dan perubahan kebiasaan pasar berdampak pada tren marketing yang selalu berevolusi dari waktu ke waktu. Tentu hal ini dapat berakibat fatal bila tak disadari segera oleh tim marketing sebuah perusahaan. Sebab strategi marketing yang telah usang tak akan berlaku di masa kini. Begitu pun dengan strategi marketing saat ini yang belum tentu masih berlaku di masa depan.

Karena itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk cepat menyadari tren marketing yang berlangsung. Sebab bila tidak, maka bukan saja profit akan berkurang, melainkan juga kehilangan pelanggan.

Dan agar perusahaan Anda tak kehilangan profit apalagi pelanggan, berikut ini adalah 4 tren marketing yang bisa menjadi solusi meningkatkan profit bisnis Anda.

1. Konten 24 Jam

konten-24-jam

Media sosial yang semakin berkembang menjadikannya sebagai alat marketing yang bagus. Apalagi fitur-fitur baru sebuah media sosial kerap menjadi magnet masyarakat dunia. Salah satu fitur yang sedang tren saat ini ialah konten yang hanya bertahan 24 jam. Bisa dikatakan Snapchat merupakan pelopornya, lalu disusul dengan Instagram, Whatsapp dan kini Facebook pun mulai mengadaptasi.

Konten 24 jam ini merupakan fitur yang cukup digandrungi oleh pengguna media sosial. Dan lambat laun konten 24 jam pun menjadi tren marketing bagi para pelaku bisnis. Konten 24 jam sendiri telah mengubah konten Anda menjadi lebih eksklusif. Ini karena konten hanya bertahan selama 24 jam sehingga membuat pengikut media sosial Anda akan sangat memerhatikan konten yang Anda berikan.

Tapi ingat, untuk bisa berhasil bermain di konten 24 jam ini maka Anda harus kreatif demi memastikan bahwa konten yang disajikan setiap waktunya berbeda dan tak dapat ditebak atau membosankan bagi pengikut media sosial perusahaan Anda.


2. Live Video

live-video-instagram


Selain konten 24 jam, live video juga menjadi salah satu fitur di media sosial yang cukup memikat. Lagi-lagi, Snapchat merupakan pelopor untuk fitur satu ini, sebelum kemudian disusul Instagram dan Facebook.

Live video juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat menjadi tren marketing bagi pelaku bisnis. Dan keeksklusifan konten yang disajikan pada fitur ini membuat banyak pengguna media sosial tak ingin ketinggalan hal terkini yang sedang terjadi dan dibagikan oleh sebuah akun.

Fitu semacam ini pun memudahkan merek dan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan dan pengikut mereka secara real-time dan menyampaikan pesan melalui siaran langsung.

3. Pesan Marketing Berbasis Lokasi

pesan-lokasi

Kendati media sosial begitu digandrungi di era digital ini sebagai media marketing, namun jangan lupakan cara konvensional yang tak kalah akurat, yakni menggunakan pesan singkat. Tak berbeda dengan email marketing, sebuah pesan marketing akan tepat sasaran dan lebih berpotensi mendatangkan profit langsung ke toko Anda.

Salah satu merek yang sudah melakukannya ialah Dunkin Donuts yang bekerja sama dangan provider Telkomsel. Bila Anda menggunakan provider tersebut bisa jadi Anda pun sering mendapatkan pesan marketing yang berisikan pemberitahuan promo membeli 6 donat akan mendapatkan gratis 6 donat dengan menunjukkan pesan tersebut. Namun pesan tersebut hanya akan didapatkan saat Anda melewati atau berada di dekat store Dunkin Donuts dan hanya berlaku dalam satu hari.

Dengan strategi tersebut tak heran bila store Dunkin Donuts kerap dibanjiri pembeli yang mengantre demi dapat menukar pesan dengan promo tersebut. Strategi ini jelas lebih efektif dan konversi pun dapat langsung dirasakan. Beberapa merek lain yang juga menggunakan strategi serupa adalah Starbucks dan Baskin Robbins yang menjalin kerja sama dengan Line Indonesia.


4. Konten Interaktif

konten-interaktif

Contoh : foto contest di instagram

Di balik ragam media marketing yang digunakan pada era digital ini, tetap saja tak akan ada hasil baik yang dapat Anda terima bila konten yang diciptakan tak bersifat interaktif. Artinya, keterlibatan pelanggan adalah segalanya di era digital ini. Jangan membuat pelanggan Anda hanya sebagai pengonsumsi konten, tetapi buatlah mereka dapat menikmati konten dengan dapat bertindak pada konten tersebut.

Dibandingkan dengan konten statis, konten interaktif tentu akan menghasilkan konversi cukup tinggi dari waktu ke waktu. Selain itu, menjadi berbeda pun terbukti efektif dalam menarik pembeli.

Dengan teknologi digital yang semakin canggih setiap saat, cakupan merek dan bisnis untuk terlibat dengan konsumen dapat dipastikan tidak ada habisnya. Dan ini akan terbukti merupakan salah satu tren marketing yang perlu Anda adaptasi.

Interaktif bisa datang dalam berbagai bentuk, mulai dari kuis, polling hingga kontes. Namun yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana membuat cara berinteraksi dengan pelanggan agar tak monoton dan membosankan. Sehingga pelanggan pun tak akan bosan dan merasa percuma untuk ikut berinteraksi.

Selamat mencoba

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami