NEWS | INFO

Optimalkan Konten Marketing Anda dengan PPC

Posted on 19 September, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 218 Kali | 0 Share
Optimalkan Konten Marketing Anda dengan PPC

PPC atau Pay Per Click merupakan salah satu bagian dari strategi inbound marketing yang dianggap efektif dan cukup merajai bidang marketing online yang lebih berkiblat ke advertising. Banyak orang masih salah dan beranggapan bahwa PPC merupakan praktek yang sama sekali berlawanan dengan inbound marketing, padahal PPC adalah bagian yang tidak terpisahkan dari inbound marketing karena sifatnya yang mencocokkan keywords atau kata kunci yang diketikkan oleh audiens yang kemudian akan mengarah pada situs atau konten yang Anda sediakan. Ketika mereka melakukan klik pada link Anda, saat itulah Anda dikenakan biaya untuk klik yang terjadi tersebut.

Meski terdengar seakan menghabiskan banyak biaya, namun PPC merupakan hal yang tidak bisa diabaikan karena keuntungan yang diperoleh darinya juga setara dengan biaya yang dikeluarkan. Inbound marketing perlu melibatkan PPC sebagai strategi untuk menghantarkan calon customer pada keputusan untuk melakukan pembelian. Berikut ini cara pemanfaatan PPC untuk keuntungan bisnis Anda.

Mempersiapkan terlebih dahulu strategi inbound marketing Anda

Seperti yang sudah Anda ketahui, inbound marketing merupakan usaha marketing yang dilakukan dengan menyediakan berbagai bentuk konten entah itu dalam bentuk video, postingan di blog, newsletter serta SEO dan social media untuk menjangkau calon customer dan memposisikan brand sebagai sumber informasi dan penasehat yang memberikan solusi bagi para pembaca. Dari sinilah, konten ini dapat dipasangi PPC untuk membantu memaksimalkan penyebaran dan kesempatannya ditemukan oleh prospek.

inbound-marketing

Pay Per Click lewat AdWords

Pemahaman mendasar mengenai AdWords, platform penyedia Pay Per Click ini harus terlebih dahulu dikuasai. AdWords memungkinkan bisnis besar maupun kecil untuk mengiklankan konten inbound marketingnya yang kemudian akan berujung pada terjadinya penjualan. Pay Per Click memungkinkan Anda pelaku marketing dan sales untuk membali space advertising di samping maupun di bawah halaman-halaman hasil pencarian. Hal ini didukung oleh adanya statistik yang menunjukkan bahwa 45% dari orang-orang yang berbelanja online diperoleh dari pencarian via search engine, yang membuat Pay Per Click menjadi lebih efektif.

google-adwords


Rencanakan budget dan lakukan scheduling iklan secara bijaksana

Pasang budget dan jadwal kemunculan iklan yang bijaksana karena Anda hanya harus membayar jika ada yang melakukan klik pada iklan Anda. Pasang keywords yang sesuai dengan target audiens Anda, dan pilih tipe bidding yang akan membantu mengarahkan calon customer Anda ke halaman landing tertentu yang memungkinkan mereka melakukan sign up ke newsletter, melakukan pembelian atau pemesanan serta apapun action yang Anda harapkan.

rencana-budget-adword

Lakukan tes dan optimasi bagi setiap ads yang Anda pasang

Untuk membuat PPC bekerja secara efektif, pastikan Anda melakukan A/B testing dan senantiasa melakukan pengecekan agar apa yang sudah Anda investasikan tidak kembali sia-sia. Anda harus menargetkan lokasi yang tepat, memilih kata kunci yang sesuai dan dan mencoba berbagai tipe advertising yang berbeda-beda.

optimasi-ppc

Kombinasikan PPC dan inbound marketing untuk memaksimalkan distribusi konten Anda pada customers dan menambah keuntungan bagi bisnis Anda.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami