NEWS | INFO

Fakta Tentang Pentingnya Branding di Dalam Bisnis

Posted on 02 October, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 1168 Kali | 0 Share
Fakta Tentang Pentingnya Branding di Dalam Bisnis

Saat ini banyak bisnis-bisnis startup menawarkan produk/jasa yang menarik dan inovatif. Tapi tahukah kamu kalau banyak dari startup ini melakukan kesalahan yang meskipun kelihatannya sepele, namun memberikan dampak cukup besar untuk bisnis yang sedang dijalani. Mereka cenderung lebih fokus pada produk/jasa yang akan dijual, well, itu tidak sepenuhnya salah. Namun lebih daripada itu, ada hal lain yang harus mereka fokuskan terlebih dahulu. Seperti riset, menentukan target market, kemudian membuat identitas brand mereka yang nantinya akan difokuskan pada benefit-benefit dari produk/jasanya.

Mudahnya, ilustrasikan brand itu seperti seorang manusia yang memiliki kekhasannya masing-masing, mulai dari identitasnya, suara, kepribadiannya, karakter, tingkah laku, kisah mereka, dll.

Lalu, apa pentingnya branding?

Branding akan membangun identitas bisnis kamu 

Jika kamu berpikir kalau branding itu sebatas nama dan logo yang didesain menarik sebagai identitas brand kamu, berarti kamu masih salah dalam mengartikan branding. Identitas sebuah brand itu mencakup semuanya, seluruh bagian yang ada dalam bisnismu. Itulah mengapa sedari awal kamu menjalankan sebuah bisnis, kamu harus sudah menentukan metode bisnis dan mau dibawa kemana bisnismu. Dengan kamu menentukan strategi bisnismu, akan lebih mudah buat kamu untuk menjalankan bisnis.

branding

Branding akan menarik pelanggan/klien kamu 

Kalau berbicara tentang bagaimana caranya supaya calon pelanggan/klien bisnis kamu bisa tertarik hingga jadi setia sama bisnismu, itu berkaitan dengan marketing yang merupakan bagian dari branding. Di jaman yang serba digital ini, para millenial sudah pasti jadi target market hampir semua bisnis. Mereka cenderung lebih responsif dan aktif pada brand-brand yang sudah memang terbukti dari review-review dari netizen ataupun dipromosikan oleh idola/panutan mereka. Jadi tantangannya untuk para pebisnis adalah menciptakan sebuah kampanye marketing yang unik dan efektif untuk menarik calon pelanggan/klien kamu dan membuat mereka ‘jatuh hati’ dan setia pada produk/jasa kamu.

branding

Branding akan membuat bisnis kamu jadi stand out

Berkaitan dengan poin yang sebelumnya, melakukan marketing dan branding yang tepat untuk bisnis startup akan sangat membantu bisnis kamu menjadi lebih menonjol dibandingkan para kompetitor bisnismu. Logikanya, dari sekian banyaknya pesaing kamu yang menjual produk/jasa yang kurang lebih sama, bagaimana caranya supaya bisnisnya kamu punya keunikkan sendiri yang nantinya akan jadi daya tarik bagi calon pelanggan/klien kamu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset pemasaran. Informasi yang sudah didapatkan kemudian diolah hingga menghasilkan sebuah solusi bagi kebutuhan target market bisnis kamu. Dengan begitu, bisnis kamu akan jadi incaran calon pelanggan/klien dan bisa berjalan lancar. Ada tips lainnya nih, kamu juga harus selalu melakukan inovasi secara berkala yaa. Biar tidak kalah dengan kompetitor kamu.

branding

Branding pada bisnis startup adalah perkenalan dini tentang bisnis kamu kepada calon klien/investor/pelangganmu. Bisa dibilang, branding ini akan membangun fondasi kuat untuk bisnis kamu. Ketika branding kamu sukses, ini bisa jadi pegangan kuat lho untuk mencapai kesuksesan bisnis kamu. 

Good luck!

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami