NEWS | INFO

Apa dan Mengapa Konten Marketing itu Penting?

Posted on 04 October, 2018 | 0 Komentar | Dilihat 1854 Kali | 0 Share
Apa dan Mengapa Konten Marketing itu Penting?

Apa itu konten marketing? Konten marketing akhir-akhir ini sering kita dengar, terlebih di dunia digital marketing.

Namun, tahukah Anda apa itu konten marketing?

Mengapa konten marketing saat ini menjadi strategi paling efektif untuk mendapat pembeli?

Mengapa strategi ini lebih efektif ketimbang marketing biasa? Kami akan menjawabnya untuk Anda.

Apa Itu Konten Marketing?

Secara singkat, konten digunakan untuk tujuan marketing. Pengertian lengkap dari konten marketing adalah sebagai berikut. Konten marketing adalah strategi marketing dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik pengunjung baru. Tujuannya agar bisa mendapat pengunjung yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi pembeli.

Jadi, ada dua tujuan dari konten marketing:

  • Menarik pengunjung baru untuk mengenal bisnis Anda

  • Mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi pembeli

Konten dalam konten marketing bisa dalam berbagai bentuk, Seperti yang tadi disebutkan; gambar, video, audio, tulisan dsb.
Yang terpenting konten Anda harus menarik.

konten-yang menarik

Mengapa Konten Marketing Lebih Efektif?

Dalam marketing lama, biasanya mereka mempromosikan apa yang mereka jual adalah produk/jasa melalui media iklan. Harapannya supaya yang melihat iklan dapat langsung membeli. Namun, model seperti ini seringkali kurang maksimal.

Dalam tradisional marketing, biasanya mereka mempromosikan apa yang mereka jual-produk/jasa-melalui media iklan. Harapannya supaya yang melihat iklan dapat langsung membeli. Masalahnya, model seperti ini sudah tidak efektif lagi. Karena itulah tingkat klik-nya sangat rendah. Tapi jangan salah paham. Ahli konten marketing juga bisa menggunakan iklan. Bedanya, iklan tidak digunakan untuk langsung mempromosikan produk. Melainkan untuk mendistribusikan konten yang bermanfaat.

Sekarang tanyakan pada diri Anda sendiri, Lebih menarik mana iklan yang mempromosikan produk atau iklan yang mempromosikan konten gratis yang bermanfaat bagi Anda?
Konten tentunya. Maka dari itulah,  konten marketing lebih maksimal ketimbang tradisional marketing.

konten-marketing


Tapi Kalau Kita Mempromosikan Konten, bukan Produk, Penjualannya Bagaimana?

Kalau diingat kembali, tujuan dari konten marketing yaitu menarik pengunjung baru, dibandingkan tradisional marketing. Lalu, ada pernyataan seperti ini: “website yang menggunakan konten marketing mendapatkan konversi dari penjualan 6x lebih tinggi daripada yang tidak.” Alasannya?

Ketika mempromosikan produk/jasa, masyarakat tidak tahu apapun tentang kredebilitas dan kualitas Anda. Ini karena Anda menunjukkan apa yang Anda jual. Karena itu, konversi penjualan akan jadi lebih kecil.

Itulah mengapa diperlukan konten untuk mendukung kualitas bisnis yang sedang Anda kembangkan.

konten-marketing


Jangka Pendek vs Jangka Panjang

Ini yang menarik dari konten marketing. Bagi bisnis atau usaha baru yang menggunakan model tradisional marketing, ketika mereka menggunakan iklan maka normalnya jumlah pembeli akan meningkat. Tidak demikian dengan konten marketing. Ketika Anda sudah punya konten yang benar-benar bermanfaat, maka orang lain akan tetap bisa menemukan Anda. Pengunjung akan menjadi follower, subscriber, kemudian menjadi pembeli, pada akhirnya mereka juga akan membantu mempromosikan bisnis Anda kepada kenalan mereka.

Tidak hanya itu. Dengan menyediakan konten, berarti Anda juga akan membuka channel baru untuk mendatangkan pengunjung selain dengan iklan, Seperti:

  • Search engine

  • Media sosial

  • Situs komunitas

  • Website milik orang lain

  • Email

marketing

Itulah kenapa website yang melakukan konten marketing akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dalam jangka panjang, Bahkan dibandingkan mereka memasang iklan.

Apakah Anda sedikit mengerti tentang apa itu konten marketing? Konten marketing sangat efektif untuk memikat pengunjung baru.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami