NEWS | MARKETING

4 Cara Menentukan Target Pasar untuk Persiapan Bisnis

Posted on 02 January, 2020 | 0 Komentar | Dilihat 237 Kali | 0 Share
4 Cara Menentukan Target Pasar untuk Persiapan Bisnis

Sebelum kita memulai sebuah bisnis, hendaknya kita mempersiapkan strategi menentukan target pasar yang tepat dan akurat. Target pasar adalah suatu kelompok orang yang akan menjadi calon konsumen kita. Target pasar bisa dikategorikan berdasarkan usia, hobi, jenis kelamin maupun suatu daerah atau tempat.

Tujuan dari menentukan target pasar adalah untuk mengetahui kriteria calon konsumen kita. Agar bisnis kita dapat terus berkembang dan lancar. Bagaimana cara kita dapat menentukan target pasar yang jelas? Simak penjelasannya dibawah ini.

 

1. Kenali Konsumen

Pertama, anda harus mengenali calon konsumen anda. Anda bisa membuat suatu kelompok berdasarkan kategori yang anda buat. Bagaimana caranya? Simak contoh dibawah ini

 

a) Geografis, anda dapat membuat kelompok berdasarkan wilayah atau daerah. Misalkan anda akan menargetkan orang - orang yang berada di daerah perkotaan dengan kebiasaan tertentu. Contoh ; GOJEK, GRAB dll.

b) Demografi, disini anda akan mengkelompokan orang berdasarkan jenis kelamin, umur, penghasilan, kesehatan, ratio umur dll. Demografi adalah komposisi penduduk, yang menjadi instrumen penduduk. Contohnya, anda membuat suatu suplemen kesehatan yang bisa dikonsumsi oleh rentang usia 10-60 tahun.

c) Harga, anda bisa mengelompokan berdasarkan seberapa besar konsumen mau mengeluarkan uang untuk produk anda. Contoh ; Toko baju menjual kaos seharga Rp.100.000, jaket Rp.350.000, paket baju celana Rp.250.000 dan program reseller Rp.2.000.000.

Toko Baju Mulya
Produk Harga
Baju  Rp.100.000
Jaket Rp.350.000
Baju Celana Rp.250.000
Program Reseller Rp.2.000.000

Dari tabel kita bisa melihat harga dan penawaran yang beda, begitu juga dengan bisnis anda. Kita harus bisa membuat minimal 3 penawaran.

2. Ketahui Kebutuhan konsumen

Setelah anda mengenali calon konsumen, selanjutnya anda mulai mengetahui kebutuhan pasar. Caranya bisa dengan membuat survey, kompetisi ataupun lomba yang bersangkutan dengan kebutuhan pasar saat ini.

Atau anda bisa membuat sebuah iklan yang dengan cepat mengetahui kebutuhan konsumen.

Yang ketiga, anda bisa menanyakan secara langsung ke orang yang menjadi target pasar anda.Misalkan menanyakan ke kelompok mahasiswa tentang masalah perkuliahan. Disanalah anda mengetahui kebutuhan mereka sebagi calon konsumen.

3. Strategi Pemasaran

Setelah anda mengetahui target pasar dan kebutuhan pasar. Selanjutnya adalah rancang dan bangun strategi pemasaran anda. Bisa anda cek dan simak disini

Singkatnya anda bisa menggunakan sosial media, jika target anda adalah orang milenial. Atau anda bisa menyewa jasa influencer,endores atau artis.

4. Evaluasi Pasar

Terakhir, evaluasi pasar. Ini menjadi hal terpenting setelah ketiga hal diatas anda sudah lakukan. Tujuan dari evaluasi pasar adalah untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan strategi pemasaran kita. 

Sudahkah anda menggunakan keempat cara diatas untuk bisnis anda? Jika belum, segera analisis karena waktu untuk memperbaiki bisnis anda belum terlambat.

Sekian dari penjelasan pada kesempatan hari ini, minggu depan akan ada sambungan dan update an dari materi ini. Simak dan ikuti kita terus.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami